Halaman

Senin, 16 November 2015

Pelayanan yang diberikan Sistem Telematika [Softskill]

            Layanan Telematika
Layanan Telematika merupakan  layanan sambungan internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Terdapat 4 layanan yang diberikan oleh sistem telematika diantaranya :
1.      Layanan Informasi
2.      Layanan Perbaikan Sumber
3.      Layanan Keamanan
4.      Layanan Context Aware dan Event Base

1.      Layanan Informasi (Information Service)
Pada layanan ini sistem telematika memberikan informasi dari pemberi informasi atau narasumber kepada sasaran dari layanan informasi telematika tersebut agar informasi yang diberikan dapat diolah kembali dan dimanfaatkan untuk kepentingan hidup dan perkembangan hidup individu
Contohnya :
·         Navigasi GPS(Waze,HereMaps,Navigations)
·         Informasi ramalan cuaca
·         Media Hiburan

2.      Layanan Perbaikan Sumber
Pada layanan ini sistem telematika memberikan informasi terkait perbaikan sumber daya. Dimana sistem membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup yang didapat dari pengetahuan masyarakat terhadap aktifitas yang berhubungan dengan informatika,telekomunikasi, dan media sebagai pengelola dan pengembang dimuka umum demi mengatasi kesenjangan teknologi informatika
Contohnya :
·         Buku Yellow Pages
·         Aplikasi Administratif Karyawan

3.      Layanan Keamanan
Pada layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan mengamankan informasi atau jaringan bila terjadi hal-hal yang tidak semestinya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
Contohnya :
·              Firewall dan Antivirus
·              GPS Tracker

4.      Layanan Context-Aware dan  Event-base (Context-Aware Service)
Pada layanan ini merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
Kelebihan Pelayanan Sistem Telematika
·         Masyarakat khususnya kalangan menengah kebawah dapat merasakan pemerataan teknologi bagi pembelajaran
·         Masyarakat dapat tenang jika ingin menggunakan layanan telematika yang hampir semua layanan sudah memiliki sistem keamanannya masing-masing
·         Efisiensi waktu jika ingin mencari nama dan no telpon di yellow pages
Kekurangan Pelayanan Sistem Telematika
·         Bebasnya masyarakat untuk mengakses segala hal didalam internet yang dapat menimbulkan kerusakan generasi penerus apabila salah dalam mengakses misal situs teroris dan situs pornografi
·         Walaupun sudah mempunyai sistem keamanan namun itu bukan jaminan 100% aman karna pasti ada celah kecil untuk meretas sistem oleh orang yang yang tidak bertanggung jawab untuk hal-hal kejahatan
Saran
Walaupun pelayanan yang diberikan oleh sistem telematika sudah baik tetapi harus tetap ditingkatkan lagi demi keberlangsungan hidup mengikuti perkembangan teknologi yang terus menerus berkembang setiap hari. Dengan kesadaran masyarakat yang kritis terhadap perkembangan teknologi diharapkan masyarakat tidak lagi gagap teknologi karna teknologi itu sendiri membatu meningkatkan kualitas, kuantitas hidup masyarakat.
Sumber :
http://oetaribudhi.blogspot.co.id/2014/11/layanan-telematika.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar